Kamis, Juli 06, 2006

Ikan Rohil Banyak Diekspor Ilegal

Rabu, 05 Juli 2006
KUBU-Hasil tangkapan ikan diperairan Rohil banyak yang langsung di ekspor keluar negeri tanpa melalui mekanisme yang benar. Padahal jika sesuai dengan peraturan yang ada, ekspor ikan tersebut bisa mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kab Rohil.

Demikian disampaikan Kadis Perikanan dan Kelautan Kab. Rohil Ir.H.Amrizal kepada Metro Riau belum lama ini di Pulau Halang, Kubu. Amrizal juga mengatakan bahwa sejauh ini banyak nelayan yang beroperasi secara ilegal diperairan daerah pesisir Kab Rohil, dan ironisnya hasil tangkapan ikan tersebut langsung dijual dengan kapal yang melintas diperairan tersebut.

"Kita melakukan razia diperairan Pulau Halang Muka dan Belakang guna menertipkan para nelayan yang menangkap ikan dengan menggunakan bubuh tiang, Pukat Harimau, Bubuh tarik dan lain sebagainya. Hasil tangkapan mereka ini rata-rata di jual diatas laut," ujar Amrizal yang kerap razia bersama Tim Terpadu Perikan Rohil.

Amrizal juga mengungkapkan bahwa puluhan ton perhari ikan Rohil yang ditangkap para nelayan yang tidak mempunyai izin itu dapat merugikan negara, terutama Rohil, karena seharusnya hasil sumber daya alam (SDA) Rohil itu bisa mendatangkan PAD.

"Sebenarnya hasil SDA Rohil itu bisa mendatangkan PAD kalau memang diberlakukan sesuai dengan mekanisme yang benar, makanya kita akhir-akhir ini kerap turun melakukan penertipan," kata Amrizal kadis yang memiliki tubuh subur ini. (ani )
sumber : metroriau.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda Berkomentar.