Kamis, Juli 06, 2006

PSB MAN Bangko Rp1 Juta per Jiwa

Selasa, 04 Juli 2006
BAGANSIAPIAPI-Pendaftaran Siswa Baru (PSB) di SMAN 1 Bangko dikenakan biaya Rp1 juta per jiwa. Isu tersebut mulai santer terdengar menjelang pendaftaran yang dibuka pada Senin (3/7) hingga Jumat (8/7).

"Jelang PSB dimulai, Saya sering mendapat SMS dari berbagai pihak. Mereka mengeluhkan adanya pungutan dana hingga Rp1 juta per siswa. Setelah mendapat info tersebut, kita langsung tanyakan kepada Kepsek SMAN 1, Sulbani. Dan dikatakannya jika hal tersebut tidak benar," kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Rohil, Surya Arfan, Senin kemarin.

Diteruskan Surya, Kepala Sekolah (Kepsek) bersangkutan memberikan penjelasan kepada dirinya jika untuk pungutan pendaftaran itu hanya dipungut sebesar Rp20 ribu per siswa. Dana sebesar itu diperuntukkan sebagian biaya formulir PSB, uang makan minum guru dan biaya lainnya hingga siswa bersangkutan telah masuk kelas.

"Besarnya biaya PSB tersebut sudah dibicarakan dengan komite sekolah dan mereka menyetujui atau sah-sah saja," terang Surya.

Pada dasarnya, Dinas Pendidikan Rohil mengupayakan bagaimana PSB tahun ini gratis. Namun kalau ada biaya yang harus diterapkan di suatu sekolah hal itu harus transparan baik itu kepada komite sekolah maupun wali murid.

Sementara salah seorang Kepsek di Bangko, Zainal SK mengungkapkan kepada Metro Riau, jika pihaknya tidak ada mengutip biaya untuk PSB tahun ini. Justru dirinya menghimbau kepada para guru di sekolah yang dipimpinnya untuk tidak terlibat. Asal yang penting memenuhi syarat administrasi yang diperlukan.

"Di sekolah kami PSB gratis sesuai arahan Kadisdik sebelumnya. Bahkan hal-hal sepele menyangkut admistrasi seperti warna map, saya anjurkan kepada para guru agar tidak ikut terlibat," kata Kepsek SMPN 2 Bangko ini. (ags)
sumber : www.metroriau.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda Berkomentar.