Kamis, Juli 06, 2006

Bagan Batu akan Dibangun Terminal Tipe B

Kamis, 06 Juli 2006
BAGANSINEMBAH-Dinas Perhubungan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengusulkan akan membangun Terminal Tipe B di daerah Kecamatan Bagan Batu pada musyawarah rencana pembangunan daerah (musrenbangda) Rohil yang berlangsung pada 10 Juli mendatang. Diharapkan, adanya rencana pembangunan terminal ini dapat menjadi solusi permasalahan lalu lintas di wilayah tersebut.

Demikian disampaikan Kepala Dishub Rohil, Tarmizi Madjid ketika ditemui Metro Riau Rabu (5/7) siang. Dikatakan Tarmizi, rencana pembangunan terminal tipe B tersebut saat ini masih dalam tahap kajian dari pihaknya yang berkoordinasi dengan pusat.

"Belum diketahui berapa luas area yang dibutuhkan dalam rencana pembangunan terminal tersebut, karena tim masih melakukan pengkajian mengenai teknis dan non teknisnya," sebut Tarmizi.

Tarmizi menambahkan, kalau dengan adanya terminal di daerah Bagan Batu, diharapkan semua jenis kendaraan yang melintasi wilayah tersebut akan lebih teratur dibandingkan saat ini melintas.

"Tidak hanya bus lintas antar daerah atau antar provinsi semata yang melewati daerah Bagan Batu, truk pengangkut chip kayu untuk Riaupulp serta truk muatan lainnya juga masuk ke daerah ini. Jika tidak didirikan terminal, lalu lintas wilayah itu akan semakin tidak teratur, terlebih jika nantinya daerah ini akan berkembang. Namun yang pasti diharap bus-bus tersebut tidak lagi memasuki kota Bagan Batu, tapi langsung memasuki terminal," terang Kadishub.

Sementara, kondisi terminal Lancang Kuning yang berada di Kota Bagan Batu saat ini akan dimanfaatkan sebagai terminal angkutan dalam kota. Dan terminal yang saat ini hanya mempunyai luas wilayah sekitar satu hektar tersebut akan dioptimalkan bagi kendaraan umum dalam kota.

"Dengan adanya terminal Tipe B nanti di Bagan Batu, terminal Lancang Kuning yang saat ini masih beroperasi tidak akan dihilangkan, melainkan akan dioptimalkan sebagai terminal angkutan kota," sebut Tarmizi menambahkan jika pihaknya belum mempunyai data lengkap mengenai berapa jumlah angkutan kota yang beroperasi di Kota Bagan Batu tersebut. (ags)
metroriau.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda Berkomentar.