Senin, Juni 12, 2006

Hari ini, Ritual Bakar Tongkang,Gubri Dipastikan Hadir

BAGANSIAPIAPI-Sesuai agenda yang telah ditetapkan, puncak acara ritual Bakar Tongkang, Senin (12/6) ini, di depan kelenteng Ing Hok King, Bagansiapiapi, dipastikan akan dihadiri Gubernur Riau (Gubri), HM Rusli Zainal.

"Persiapan acara ritual yang berskala internasional tersebut telah matang. Di hari pertama, Sabtu (9/6) lalu, marga Tionghoa akan melakukan ritual keagamaan mereka hingga Minggu (11/6)," kata Kepala Dinas Pariwisata Seni Budaya Pemuda Olahraga (Kadis parsenibudpora) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Ir. Gamal Abdul Nasir MM, kepada Metro Riau, Jumat pekan lalu.

Dilanjutkan Gamal, disela-sela pisah sambut Bupati dan Wakil Bupati Rohil 2006-2011, Sabtu (10/6) lalu, acara puncak pada Senin (12/6), Gubri, HM Rusli Zainal dipastikan akan hadir ditengah-tengah masyarakat Rohil.

Gamal melanjutkan, kondisi dari kapal tongkang yang akan di bakar tersebut telah disiapkan panitia dan saat ini sudah dalam proses finishing.

Dipastikan panitia akan meletakkan kapal tongkang tersebut di depan Kelenteng Ing Hok King pada hari puncak.

"Tongkang baru akan diletakan di depan Kelenteng Ing Hok King pada hari puncaknya, karena di hari pertama acara tersebut marga Tionghoa melakukan ritual keagamaan," sebut Gamal.

Pada kesempatan berbeda, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Rohil, Tarmizi Madjid mengatakan jika untuk pengamanan ruas jalan yang akan dilalui oleh Gubri akan disiagakan dengan maksimal. Dipastikan Gubri beserta rombongan akan datang pada hari Senin (hari ini,red) melalui jalan lintas Dumai-Bagansiapiapi.

"Direncanakan Gubri dan rombongan akan masuk ke Bagansiapiapi melalui lintas darat. Mereka akan mulai dari Kota Dumai, dan Dishub Rohil telah berkoordinasi dengan Dishub Dumai untuk melakukan pengamanan perjalanan Gubri ke lokasi Bakar Tongkang," ujarnya.

Selain pihak Dishub Rohil dan Dumai, kata Tarmizi, pengamanan Gubri juga akan dibantu oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kecamatan Bangko serta pihak keamanan lainnya. "Tidak hanya dari satuan Dishub yang akan melancarkan perjalanan Gubri bersama rombongan, namun kita juga telah mengkoordinasikan dengan satuan petugas lainnya," ujar Tarmizi. (ani/ags)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda Berkomentar.