Senin, Juni 12, 2006

Bagan Dipenuhi Petugas

Senin, 12 Juni 2006
BAGANSIAPIAPI-Sejak pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil), Kamis pekan lalu hingga Minggu (11/6), Kota Bagansiapiapi dipenuhi petugas keamanan dari Polri, yang di sebar di berbagai sudut Kota.

Pantauan Metro Riau di lapangan, sejumlah petugas keamanan bersenjata lengkap tampak berjaga di wilayah masing-masing. Pihak keamanan ini juga mendirikan posko keamanan di setiap ruas persimpangan jalan yang ada. Seperti di jalan Bintang dan persimpangan empat pasar jalan Tangko.

Selain itu, di lokasi acara puncak ritual bakar tongkang, depan kelenteng Ing Hok King juga tampak berdiri pos jaga petugas keamanan. Mereka memang telah dikondisikan untuk melakukan penjagaan pada iven yang akan dihadiri Gubernur Riau (Gubri), HM Rusli Zainal beserta rombongan dan para wisatawan. Hal tersebut sehubungan dengan perkataan Kepala Kepolisan Resort (Kapolres) Rohil sebelumnya, AKBP Zulkifli AR kepada Metro Riau, dalam pelaksanaan acara ritual warga keturunan Tionghoa, bakar tongkang yang berlangsung dari hari Jumat (10/6) hingga Senin (12/6), pihak keamanan dari satuan Polres Rohil akan melakukan penjagaan keamanan.

"Kita akan tempatkan personil kita semaksimal mungkin mengantisipasi dan mengamankan acara tersebut," katanya, Jumat pekan lalu.

Dengan mengerahkan sebanyak 160 personil, kata Zulkifli, Polres Rohil yang juga dibantu oleh satuan keamanan dari Polsek Bangko dan Brimob Polda Riau, pihak kepolisian akan menjaga segala hal terciptanya keamanan dalam acara yang telah masuk agenda pariwisata skala nasional.

Keamanan yang dilakukan ini, kata Zulkifli, bukan sebagai tameng untuk menakuti pengujung yang ingin mengikuti atau menyaksikan acara ritual. Melainkan demi menjaga kelancaran dari prosesi itu sendiri, hingga akhirnya berjalan tertib dan sukses.

"Pengamanan tidak hanya di tempat lokasi acara itu dilaksanakan, melainkan di sepanjang jalur jalan pintu masuk dan keluar ke lokasi baik dari lintas darat maupun dari laut. Ini demi kelancaran iven yang telah masuk kalender nasional bahkan bisa dikatakan internasional," katanya. (ani/ags

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda Berkomentar.