Sabtu, Oktober 04, 2008

APBD Perubahan Naik Rp100 M

Wakil Bupati Serahkan Draft Anggaran
Rabu, 10 September 2008

Laporan SYAHRI RAMLAN, Bagansiapi-api syahri-ramlan@riaupos.co.idAlamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya

PEMKAB Rohil, Rabu (10/9) resmi mengajukan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan tahun anggaran 2008 kepada DPRD melalui sidang paripurna keenam masa persidangan ketiga tahun 2008 Dari draft yang diajukan, pemerintah menargetkan peningkatan APBD sebesar Rp100 miliar.

Adapun untuk materi nota APBD perubahan yang diajukan, sebagian besar masih mengarah kepada tiga isu pokok, diantaranya meliputi infrastruktur, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan ekonomi kerakyatan.

Penyerahan APBD Perubahan kepada dewan untuk segera dibahaas tersebut, dilakukan Wakil Bupati, H Suyatno. Dalam pengajuan APBD perubahan tersebut juga dihadiri oleh Sekda Rohil, Drs H Asrul M Noor Msi dan sejumlah kepala dinas pendidikan dan jawatan serta termasuk para anggota dewan.

‘’Dalam penyempurnaan APBD perubahan itu, ada beberapa perubahan bila dibandingkan sebelumnya. Dimana, kenaikan nilainya mencapai sekitar Rp 100 miliar. APBD kita sebelumnya hanya mencapai Rp 1,7 triliun. Namun setelah ada perubahan, terjadi penambahan menjadi Rp 1,8 trilun. Kenaikan sekitar Rp 100 miliar itu semua dilatarbelakangi beberapa program skala prioritas yang harus segera dilaksanakan,’’ kata Suyatno.

Program pembangunan yang masih diprioritaskan itu, lanjut Suyatno, sebagian besar masih menitikberatkan pada tiga sektor. Yakni sektor infrastruktur, peningkatan kualitas sumber daya
manusia serta ekonomi. ‘’Umumnya, APBD perubahan itu sebagian besar adalah meneruskan atau melanjutkan program-program pembangunan yang sudah dianggarkan sebelumnya hingga sampai selesai. Hal ini dilakukan lantaran ada beberapa program pembangunan yang sudah dianggarkan itu, pelaksanaannya tertunda. Dan yang tertunda itu yang kita prioritaskan melalui APBD perubahan tadi,’’ kata Suyatno.

Selain APBD perubahan tahun anggaran 2008, Pemkab Rohil turut menyampaikan beberapa Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda). Diantaranya, Ranperda tentang Pembentukan Kelurahan, Ranperda Pengelolaaan Barang Milik Daerah serta Ranperda Peningkatan Status Kepenghuluan Persiapan Menjadi Defenitif. Jalannya sidang paripurna itu sendiri, dimulai sekitar pukul 10.00 WIB dan hanya berlangsung selama satu setengah jam saja.

Pelaksanaan sidang paripurna dengan agenda penyampaian APBD perubahan serta sejumlah ranperda tersebut, dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Rohil, Dedi Humadi.

‘’Dalam waktu dekat, APBD perubahan dan sejumlah Ranperda yang telah diajukan ini, segera kita tindak lanjuti. Salah satu diantaranya dibahas di masing-masing faksi maupun komisi,’’ kata Dedi Humadi. (bud)
di lansir dari Riaupos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda Berkomentar.